BAB 3.PERANGKAT LUNAK YANG MENDUKUNG
KONSEP WATER MODELLING
Pada
saat ini begitu banyak software yang mendukung pemodelana grafik seperti water
modelling ini. Dari mulai yang berlisensi hingga yang bersifat open source.
Adapun perangkat lunak yang dimaksud adalah sebagai berikut ini.A. Berlisensi/
berbayar Walaupun software ini berlisensi ataupun berbayar, bukan berarti kita
tidak bisa menikmatinya, karena setiap softaware biasanya memberikan masa
percobaan (Trial). Berikut adalah software tersebut.
1.
3Dmax3D
3Dmax3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah
perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk
Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix).
Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi
untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir
Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3D Max
adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang
ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows,
kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.Metode
Pemodelan Ada 5 metode pemodelan dasar:
•
Pemodelan dengan primitif
•
NURMS(subdivision surfaces)
•
Surface tool
•
NURBS
•
Pemodelan polygon
2. Cinema
4D
Cinema 4D merupakan software 3D maker yang cukup popular saat ini. Cinema 4D
dikembangkan oleh maxon bersalah dari Jerman yang datang sebagai program utama
dengan sejumlah add-on modul, pertama kali dikembangkan untuk platform Amiga,
Cinema 4D sekarang datang untuk Mac dan PC. Dengan tata letak preset yang
disesuaikan serta beralih cepat antar modelling, animasi dan layout lukisan
merupakan salah satu kelebihan cinema 4D. Cinema 4D ini cukup banyak digunakan
untuk meproduksi film-film anemasi. Dan software ini adalah termasuk “High-end
3D Computer Graphics” dengan kemampuan poligonal/subd modelling, animating,
rendering, texturing, lighting.
3. Dmax3D

Swift 3D merupakan tool yang biasa digunakan untuk merender 3D menjadi
2D. Kelebihan Swift 3D sendiri adalahmerupakan tool yang simpel, tidak ribet,
tinggal drag and drop. Swift 3D mendukung animasi objek 3D. Animasi dapat
diexport ke banyak file seperti avi, flv, swf, swt dan ai. Kita dapat memilih
jenis rendering yang kita inginkan, yaitu raster (bitmap) dan vector. Jenis
gambar raster lebih lama saat me-render, akan tetapi hasilnya lebih bagus.
Sedangkan untuk vector gambarnya satu warna atau gradasi vector (cocok
dimasukkan pada animasi vector flash). Jika ingin membuat 3D yang simpel, Swift
3D cocok digunakan. Untuk kekurangan Swift 3D sendiri adalahtidak cocok untuk
membuat objek 3D yang kompleks. Jika kita ingin membuat objek 3D yang kompleks,
kita dapat menggunakan 3D Max atau blender kemudian diexport dalam bentuk 3ds.
Swift 3D juga susah untuk membuat animasi sendiri selain dari template animasi
dari Swift 3D, dan kita tidak dapat memberikan efek pada objek misal efek noise
dan lain sebagainya.
4.
After Effects

Adobe After Effects adalah produk piranti lunak yang dikembangkan
oleh Adobe, digunakan untuk film dan pos produksi pada video. pada awalnya
merupakan sebuah software produk dari Macromedia yang sekarang sudah menjadi
salah satu produk Adobe. Adobe After Effects adalah sebuah software yang sangat
profesional untuk kebutuhan Motion Graphic Design. Dengan perpaduan dari
bermacam - macam software Design yang telah ada, Adobe After Effects menjadi
salah satu software Design yang handal. Standart Effects yang mencapai sekitar
50 macam lebih, yang sangat bisa untuk mengubah dan menganimasikan obyek.
Disamping itu, membuat animasi dengan Adobe After Effects, juga bisa dilakukan
dengan hanya mengetikkan beberapa kode script yang biasa disebut Expression
untuk menghasil pergerakan yang lebih dinamis. Adobe After Effects memiliki
fitur - fitur penting, misalnya Adobe After Effects memiliki alat untuk membuat
Shape ( seperti yang terdapat pada Adobe Photoshop ). Pada Adobe After Effects
terdapat Keyframe seperti yang terdapat pada Adobe Flash ( cara
menganimasikannya juga hampir sama ). Terdapat juga Expression yang hampir
mirip dengan Action Script pada Flash, dan masih banyak lagi yang lain.
B.
Open Source
1.
Blender 3D
Blender 3D adalah software gratis yang bisa anda gunakan untuk
modelling, texturing, lighting, animasi dan video post processing 3D. Blender
3D yang mmerupan software gratis dan open source ini merupakan open source 3D
paling popular di dunia. Fitur blender 3D tidak kalah dengan software 3D
berharga mahal sepert 3D studio Max, Maya maupun XSI. Dengan blender 3D anda
bisa membuat objek 3D animasi interaktif, model dan bentuk 3D profesional,
membuat objek game dan masih banyak lagi kreasi 3D laiinnya, dan software ini
jugalah yang akan kita guakan untuk menerpakkan water modelling nantinya. Untuk
penerapannya akan dibahasas pada bab 4.
2.Wings-3D
Wings 3D diperkenalkan pertama kali pada tahun 2001 dengan memiliki beberapa
kelebihan seperti dukungan cahaya, material, dan fasilitas AutoUV mapping.
Aplikasi ini dibuat dari bahasa pemrograman Erlang yang bersifta open source,
didistribusikan oleh Ericsson, serta memiliki struktur data bernama Winged Edge
Data Structure yang digunakan untuk menyimpan hubungan adjacency antara tepi,
wajah, dans ebuah simpul di dalam model Wings 3D.
3.
K-3DK-3D
adalah software gratis untuk pemodelan 3D, animasi, dan sistem
rendering untuk GNU / Linux, POSIX, dan sistem operasi Win32. K-3D fitur yang
kuat untuk berorientasi pada objek arsitektur plugin, yang dirancang untuk
skala kebutuhan seniman profesional, dan dirancang dari dasar untuk menghasilkan
gerak-gambar animasi yang berkualitas dengan menggunakan RenderMan-compliant
mesin render. Sangat direkomendasikan menggunakan Aqsis untuk membuat mesin
menggunakan K-3D. K-3D memungkinkan Anda untuk membuat dan mengedit dokumen
dalam beberapa OpenGL yang padat dan realtime, berbayang, tekstur-dipetakan
pandangan. Anda bahkan dapat membuat model bergerak dan berinteraksi dengan
animasi ketika mereka bermain kembali untuk produktivitas maksimum.
4. Crystal Space
Crystal
Space merupakan aplikasi penuh fitur sebagai SDK yang menghasilkan gambar 3D
untuk digunakan pada game atau virtual reality. Berlisensi LGPL yang bersifat
free, aplikasi ini dapat dijalankan pula pada platform Windows maupun Mac OS.
5.
Ogre
Aplikasi ini dapat membuat gambar tiga dimensi menjadi sangat indah. Mulai
dari tahun 2011, OGRE telah tumbuh menjadi salah satu aplikasi rendering yang
digunakan untuk berbagai macam proyek seperti game, simulator, perangkat lunak
pendidikan, serta visualisasi penelitian.
6.
Aqsis Renderer
Aqsis renderer merupakan perangkat lunak tiga dimensi yang
sudah dimiliki standar RenderMan, dibawah lisensi GPL dan sebagaian di bawah
bendera LGPL. Dibuat pertama kali oleh Paul Greogory yang meruoakan manajer
proyek dan admin utama dari aqsis. Semua produk Aqsis merupakan rendering,
shader compiler dan mendukung beberapa komponen lainnya.
7.
MeshlabMeshlab
merupakan aplikasi pengolah gambar 3D bersifat open source,
portable, dan memiliki sistem extensible untuk pengolahan dan pengeditan 3D.
Tujuan dari sistem ini adalah membantu pengolahan model terstruktur yang timbul
dalam scaning 3D, kemudian menyediakan satu set alat untuk melakukan
pengeditan, pembersihan, penyembuhan, pemeriksaan, serta rendering dan
konversi.
8.
OpenFX
Lahir pada tahun 1999, diciptakan oleh DR> Stuart Ferguson, Open FX
memang dilahirkan untuk menjadi aplikasi 3D modelling, animasi, dan rendering
yang termasuk dalam kategori open source. Nama pertama dari aplikasi ini adalah
SoftFX dan kemudian diganti menjadi OpenFX. Aplikasi ini sekarang menggunakan
lisensi GNU Public License (GPL).
9.
Calestia
Aplikasi ini hampir mirip dengan Atellarium, program astronomi 3D yang
diciptakan oleh Chris Laurel. Program ini dibuat berdasarkan Hipparcos
Catalogue yang memungkinkan kita merasa seperti sedang menjelajah jagat raya
yang dibuat semirip mungkin aslinya dengan berbagai pilihan kecepatan, arah
manapun yang akan dituju, dan waktu manapun dalam sejarah Celestia.
10.
Art Of Illusion
Sebagai salah satu program 3D modelling yang bersifat free atau
open source, semua bagian dari aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemrogaman
Java dan dapat dijalankan pada java virtual machine yang mendukung J2SE 1.4
atau versi diatasnya.
Tujuan
dari aplikasi ini adalah menghasilkan alat modelling 3D yang andal dengan
menggunakan antarmuka grafis yang banyak ditemukan pada aplikasi modelling 3D
lainnya.
11.
TopMod3D
TopMod3d adalah sebuah sistem yang gratis, open source, portable,
platform pemodelan independen topological yang memungkinkan pengguna untuk
membuat mesh dengan tingkat tinggi.
TopMod3d
dapat membuat model yang dapat dikembangkan kedalam permukaan yang rata dengan
menggunakan perangkat lunak seperti Pepakura, lapisan tipis Desain,
Rhinoceros3D, dan Paracloud. Ia juga dapat membuat model yang solid dengan
menggunakan berbagai teknologi prototyping yang cepat.
12.
Softimage/XSI Mod Tool
Aplikasi grapik komputer 3D papan atas yang dimiliki oleh
autodesk untuk menghasilkan grapik 3D, modeling 3D dan animasi komputer. Hasil
dari software ini sering digunakan di film, video game dan periklanan untuk
membuat karakter, benda dan lingkungan. Di release tahun 2000 sebagai penerus
dari Softimage|3D, Softimage XSI di buat oleh Softimage Co.
anak
perusahaan dari Avid Technology. Pada tanggal 23 Oktober 2008 autodesk membeli
merek Softimage dan semua asset 3D senilai $35 juta dari Avid, yang mengakhiri
Softimage Co. Pada tahun 2009, Softimage XSI diganti nama dengan Autodesk
Softimage.
13.
ZmodelerZanoza Modeler (ZModeler)
adalah sebuah perangkat lunak untuk
menciptakan danmemodifikasi karya seni 3D (model) untuk berbagai permainan.
Dibandingkan
dengan paket 3D Graphics canggih lainnya , ZModeler tidak dimaksudkan untuk
menghasilkan model 3D yang sangat rinci yang diperlukan untuk foto-realistis
rendering.
ZModeler
digunakan untuk model 3D Standar. Semakin akurat Anda membuatmodel tekstur 3D,
maka akan lebih baik terlihat di dalam game. Di sisi lain, semakin tinggi rinci
dari suatu model maka model tersebut akan menyebabkan decrease kinerja dari
game tersebut sehingga tidak memuaskan. Untuk menunjukkan sebuah gambar
tampilan yang sangat baik pada layar monitor saat anda memainkan game 3D,
komputer Anda melakukan perhitungan yang keras (Rendering). Pada saat ini, itu
diterjemahkan model 3D untuk gambar 2D, menggunakan lokasi objek, lokasi viewer
dan pencahayaan yang berbeda dengan teknik shading.
Permainan
modern menggunakan selusin teknik rendering untuk menghasilkan hasil yang
menarik, namun hasil ini secara umum berdasarkan kualitas model dan tekstur
digunakan.
Semua
lingkungan 3D terbuat dari model terpisah, seperti yang terlihat dalam
permainan. Kebanyakan dari mereka adalah objek yang terpisah, model (dan
biasanya file). Dalam ZModeler, pekerjaan Anda adalah untuk membuat model
terpisah dan menempatkan mereka dalam file yang tepat dan melihat hasilnya
dalam permainan.
ZModeler
melakukan standar Direct3D berbasis rendering juga, sehingga Anda dapat melihat
apa yang Anda buat modelnya, tetapi sebagian efek (seperti refleksi dinamis dan
bayangan cahaya .
Software
diatas adalah hanya beberapa software yang biasa digunaka, dan sebenarnya masih
banyak lagi software yang mendukung 3D animasi, redering maupun texturing. Dan
untuk menggunakan software 3D yang perlu anda ketahui adalah spesifikasi
komputer yang akan anda gunakan untuk melakukan creating, editing, dan juga
yang tak kalah penting adalah kemampuan anda atau petujuk yang mungkin bisa
anda gunakan untuk menerapkan konsep yang inginm anda implementasikan.
Nah,
untuk water modelling sendiri memang bisa dibuat dengan menggunakan software
yang telah dijelaskan diatas, tapi masing-masing software memiliki kelebihan
dan kekurang tersendiri sehingga kita menggunakan blender sebgai software
alternatif untuk menerapkan water modelling ini.
Dengan
konsep yang te;ah dijelaskan pada bab sebelumnya, kita tidak perlu mempelajari
lebih jauh bagaimana menerapkan konsep water modelling tersebut pada software
blender 3D, karena Blender sendiri memang sudah didesain sesuai kebutuhan para
pemula maupun yang sudah profesional.
0 komentar:
Posting Komentar