Clash of Chess

Selasa, 25 Agustus 2015

Game Clash of Chess Menggunakan Strawberry Prolog

1  Algoritma dalam Pembuatan Game
  •          Algoritma Minimax

Algoritma Minimax merupakan basis dari semua permainan berbasis AI seperti permainan catur misalnya. AI permainan catur tentunya sudah sangat terkenal dimana AI tersebut bahkan dapat mengalahkan juara dunia sekalipun. Pada algoritma minimax, pengecekan akan seluruh kemungkinan yang ada sampai akhir permainan dilakukan. Pengecekan tersebut akan menghasilkan pohon
Permainan yang berisi semua kemungkinan tersebut. Tentunya dibutuhkan resource yang berskala besar untuk menangani komputasi pencarian pohon solusi tersebut berhubung kombinasi kemungkinan untuk sebuah permainan catur pada setiap geraknya sangat banyak sekali. Keuntungan yang didapat dengan menggunakan algoritma minimax yaitu algoritma minimax mampu menganalisis segala kemungkinan posisi permainan untuk menghasilkan keputusan yang terbaik karena algoritma minimax ini bekerja secara rekursif dengan mencari langkah yang akan membuat lawan mengalami kerugian minimum. Semua strategi lawan akan dihitung dengan algoritma yang sama dan seterusnya. Ini berarti, pada langkah pertama komputer akan menganalisis seluruh pohon permainan. Dan untuk setiap langkahnya, komputer akan memilih langkah yang paling membuat lawan mendapatkan keuntungan minimum, dan yang paling membuat komputer itu sendiri mendapatkan keuntungan maksimum.
Dalam penentuan keputusan tersebut dibutuhkan suatu nilai yang merepresentasikan kerugian atau keuntungan yang akan diperoleh jika langkah tersebut dipilih. Untuk itulah disini digunakan sebuah fungsi heurisitic untuk mengevaluasi nilai sebagai nilai yang merepresentasikan hasil permainan yang akan terjadi jika langkah tersebut dipilih. Biasanya pada permainan tic tac toe ini digunakan nilai 1,0,-1 untuk mewakilkan hasil akhir permainan berupa menang, seri, dan kalah. Dari nilai-nilai heuristic inilah komputer akan menentukan simpul mana dari pohon permainan yang akan dipilih, tentunya simpul yang akan dipilih tersebut adalah simpul dengan nilai heuristic yang akan menuntun permainan ke hasil akhir yang menguntungkan bagi komputer.

  • Algoritma NegaMax

NegaMax adalah struktur fundamental di mana menjadi dasar bagi setiap algoritma pencarian terhadap chess tree. NegaMax mengimplementasikan pemikiran bahwa semakin buruk langkah yang dilakukan oleh lawan artinya langkah yang kita lakukan semakin baik.Mengimplementasikan pemikiran ini sebenarnya mudah. Pemikiran ini menggunakan dasar bahwa catur adalah sebuah.
Permainan symmetrical, oleh sebab itu maka fungsi analisis haruslah mengeluarkan nilai yang simetris. Jadi pada setiap posisi nilai dari langkah yang dilakukan oleh putih adalah negasi dari langkah yang dilakukan oleh hitam, atau bisa dibilang bahwa jumlah dari nilai keduanya adalah 0. Apabila putih unggul satu pion maka sudah jelas bahwa hitam tertinggal sebanyak jumlah yang sama.Prinsip yang sama dapat diperluas ke dalam keunggulan posisi.
Dasar dari algoritma ini adalah bahwa chess tree search merupakan pergantian antara maksimalisasi dan minimalisasi nilai dari posisi pada pohon; biasa disebut dengan proses minimax. Untuk membedakan posisi antara pemain dengan lawannya, nilai dari suatu posisi selalu dievaluasi dari sudut pandang pemain yang akan berjalan, hal ini dilakukan dengan melakukan negasi terhadap nilai yang dilihat oleh lawan ini disebut dengan proses negamax.

Rules
Berikut adalah Rules/aturan dalam game Clash Of Chess ini:
Ø  Setiap user hanya dapat bermain melawan AI.
Ø  Sebagai default user akan bermain dengan bidak Ratu Archer Queen. Namun user dapat memilih jalan ke 2 dengan ratu Barbarian King.
Ø  Langkah catur berbentuk L
Ø  Ratu hanya berjalan tiap 1 blok kesegala arah.
Ø  Raja bergerak kesegala arah(vertical horizontal)
Ø  Pion bergerak 1 blok tiap jalan namun dapat berjalan 2 blok apabila diawal game.
Ø  Bidak dapat memakan bidak lawan yang berada dijalur nya.
Ø  User dan AI berjalan 1 langkah secara bergantian.
Ø  Apabila ratu dalam keadaan terancam dan kita tidak memindahkan aka nada pemberitahuan untuk memindahkan raja kita.
Ø  Game dikatakan menang dan kalah apabila ratu AI atau kita tidak dapat bergerak kemanapun setelah di skak(check)
Ø  Game dikatakan seri apabila ratu kita atau AI tidak dapat jalan sama sekali.

3.      Tampilan Game
·         Spalsh Screen

·         Tampilan awal

·         Dalam Game

·         About

·         Creator

·         Rules



Daftar Pustaka


0 komentar:

Posting Komentar