Review dan Sejarah Tentang Amazon.com

Rabu, 23 April 2014

Review dan Sejarah Tentang Amazon.com
Sebelum kita masuk ke dalam review dan sejarang tentang amazon.com, mari kita melihat masalah yang dialami di era modern ini.
BELANJA
Memang terkadang kata-kata itu berkonotasi negatif walaupun sebenarnya itu punya makna positif karena mampu memenuhi kebutuhan kita
Berikut beberapa anggapan mengapa orang sering menganggap belanja itu berkonotasi negatif :

Berbelanja hanya menghabiskan uang

Berbelanja itu merepotkan

Berbelanja hanya menghabiskan waktu
Segera buang jauh-jauh pikiran Anda tentang semua itu!Jaman semakin canggih jauhkan semua pikiran negatif
Well, intinya adalah SEKARANG UDAH GA JAMAN BELANJA BIASA udah pernah berbelanja atau membeli suatu produk secara online di Internet?.
Ini bener-bener wajib dicoba loh!kenapa?
Karena dengan berbelanja secara online dapat memudahkan kita dalam membeli sesuatu barang sehingga tidak harus pergi ke pasar, toko ataupun mall untuk membeli barang yang kita inginkan.
Mari saya perkenalkan tempat belanja yang paling asik dikunjungi

Adalah Jeff Bedoz Seorang pria Mexico yang telah berhasil mendirikan Amazon.com, website yang semula hanya menjual buku secara online namun kemudian menjual beberapa barang lainnya. Cukup melakukan pembayaran dan mereka akan mengirimkan produk yang anda beli right to your front door..!

INOVASI DALAM TEKNOLOGI

Sebelum diluncurkannya Amazon.com, Jeff Bedoz sudah mencium potensi yang luar biasa dari kedahsyatan pemasaran lewat internet padahal ini terjadi saat internet baru saja muncul. Kemudian Bezos memutuskan bahwa perusahaan yang berbasis di Internet akan mempunyai kemampuan untuk menawarkan seleksi barang cetakan yang lebih luas kepada konsumen. Karena itulah mealui teknologi Web service yang mempermudah sistem B2B (Business to Business) digunakan oleh Jeff Bedoz untuk melancarkan usahanya di Amazon.com
Pasti Anda bertanya-tanya. Apa sih sebenarnya Web Service itu?
Berikut saya contohkan kinerja web service dan salah satu rekan bisnisnya Armadyah Books

Jadi, Web services adalah teknologi yang merupakan platform independent application. Web services mempertukarkan data antara service requestor ( aplikasi yang menggunakan data ) dan service provider ( server penyedia data ) menggunakan service registry dalam salah satu teknologi antara lain XML-RPC dan SOAP. Web Services ini cocok untuk transaksi dengan partner atau relasi bisnis ( Business to Business (B2B) ).

INOVASI DALAM PROSES

Sebagai perusahaan pertama yang menjual barang di dunia maya, Amazon.com mulai meningkatkan kembali inovasinya dalam proses menuju visinya untuk menjadi perusahaan yang dapat melakukan penjualan lewat web sederas air sungai Amazon dengan terus mencari produk-produk lain yang dapat dijual secara online dan terbukti pelanggan Amazon.com bertambah dari tahun ke tahun. Pelanggan Amazon.com sebanyak 1,5 juta pelanggan di tahun 1997, menjadi 14 juta di tahun 1999 dan 25 juta tahun 2001.
Mengapa bisa secepat itu pelanggan amazon.com berkembang?
Inilah jawabannya :
Melalui Inovasi dalam proses bisnisnya Amazon mengembangkan bisnisnya dengan membuat ada 2 macam penjual di Amazon : Perusahaan Amazon itu sendiri dan perusahaan atau perorangan yang ikut menjual barang di Amazon
Untuk perusahaan atau perseorangan yang ingin ikut menjual barang di Amzon sangat mudah!
·         Copy kode-kode khusus yang diberikan  Amazon
·         Kode tersebut akan tersambung ke sistem afiliasi amazon
·         Kode itu akan menentukkan komisi setiap transaksi yang dihasilkan dari kode-kode ini
Nyaris tanpa modal apa-apa dan tentunya dengan resiko yang juga minim bila tidak berhasil (Anda tidak akan kehilangan banyak uang karena Anda sendiri tidak memasukkan terlalu banyak uang).

INOVASI DALAM PRODUK

1)      Amazon BookSurge - Buku Bisnis
2)      Amazon EBS – Penyimpanan database atau file
3)      Amazon EC2 -  layanan server virtual
4)      Amazon Elastic Map Reduce - layanan web untuk data dalam jumlah besar.
5)      Amazon Fresh -   layanan pengiriman makanan  online.
6)      Amazon Kindle - e-reader yang diambil ke perangkat nirkabel Amazon secara gratis
7)      Amazon S3 - layanan penyimpanan online untuk perusahaan pengembang
8 )     Amazon Unbox - Amazon Unbox video merupakan sebuah layanan video yang tidak biasa
9)      Amazon Video on Demand -  layanan video streaming untuk televisi dan film
10)    Mechanical Turk - layanan yang memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan orang untuk melakukan sejumlah kecil dari pekerjaan yang tidak dapat melakukan dilakukan kompoter

INOVASI DALAM BISNIS MODEL

Model Bisnis yang digunakan Amazon.com adalah lelang online dan tempat pasar online.
Sistem lelang di Amazon.com lain daripada yang lain karena di Amazon, harga barang ditentukan tetap. lelang hanya dikenakan pada barangnya, bukan harganya. amazon.com menamakan “zshop.” pembeli dapat membayar langsung kepada penjual barang atau lewat amazon.com menggunakan kartu kredit. untuk menjamin dan membentuk kepercayaan pembeli, amazon.com menyediakan garansi sebesar $1000 jika penjual barang tidak jujur (misalnya barangnya tidak sesuai dengan spesifikasinya) atau setelah dibayar barang tidak sampai ke tangan pembeli.

Auction in amazon.com
Bersamaan dengan berkembangnya Amazon.com. Amazon.com mengembangkan model bisnisnya dengan membentuk kerjasama modal dengan pengecer online merk tertentu untuk memasang iklan di situs Amazon.com, bersamaan dengan pengembangan model bisnis dengan melakukan aliansi dengan perusahaan pengecer dan pedagang produk fisik maka Amazon.com untuk memberitahukan barang apa saja yang ada pada situs mereka maka situs ini memberitahukan barang apa saja yang dijual atau dilelang melalui katalog.

Amazon kindle

Conclusion :

Kesimpulannya adalah Jangan pernah takut membuat suatu perubahan yang mungkin bagi orang itu mustahil karena biasanya hal-hal yang dianggap mustahil itu lah yang justru membuat kita semakin berusaha mencari keunggulannya dan menutupi semua kelemahannya. Inovasi itu lahir karena kedisiplinan pikiran yang kita bentuk bukan terlahir begitu saja. So, jangan pernah takut mencoba untuk membuat sesuatu yang berbeda!

0 komentar:

Posting Komentar