Parallel Computing

Senin, 09 Mei 2016

Paralel dalam kamus besar Bahasa Indonesia artinya Sejajar. Lalu computing yang dimaksud adalah ketika komputer membawa lebih dari satu task(pekerjaan) secara bersamaan. Teknik parallel computing ini dapat memungkinkan komputer bekerja secara lebih cepat dibandingkan secara sequential atau satu persatu.

Namun untuk program yang melakukan dengan cara parallel computing maka program harus didesain untuk membagi task ke dalam task-task yang lebih kecil yang dapat dikerjakan secara individual. Seperti halnya kita ketika komputer mendapatkan task lebih dari satu bahkan banyak sekali pun, komputer harus dapat membaginya menjadi task-task yang lebih kecil untuk dapat mengerjakan semua pekerjaan nya. Contohnya seperti berikut


Komputer master membagi pekerjaan ke pada 3 komputer dibawahnya. Untuk itu diperlukan aneka perangkat lunak pendukung (middleware) yang berpean untuk mengatur distribusi pekerjaan antar node dalam satu mesin parallel. Selanjutnya dibutuhkan juga pemrograman parallel untuk merealisasikan komputasi. Keuntungan utama parallel computing adalah program dapat melakukan eksekusi secara lebih cepat. Semakin banyak hal yang bisa dilakukan secara bersamaan, semakin banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan.

Contoh kasusnya adalah ketika 3 Mahasiswa diberikan tugas untuk mengerjakan sebuah web maka mereka harus membagi 3 tugas yang akan dikerjakan nya masing-masing. seseorang ada yang mengerjakan logic web tersebut, lalu 2 orang lain nya mengerjakan desain dan input datanya. Tidak harus 3 mahasiswa fokus terhadap satu masalah tersebut lalu mengerjakan yang berikutnya. Itu akan membuang waktu dan akan lebih lama pekerjaan nya.

Sumber :




0 komentar:

Posting Komentar