Pengantar Komputasi Modern

Rabu, 16 Maret 2016

·         Komputasi Modern
Komputasi diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model metematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dan disebut modern karena menggunakan alat canggih saat menyelesaikan masalah. Komputasi yang menggunakan komputer inilah maka disebut komputasi modern.

·        Perkembangan Komputasi Hingga Modern
Penggunaan komputasi biasanya berupa penerapan simulasi pada komputer atau komputasi lainnya dalam menyelesaikan sebuah masalah dari berbagai bidang. Tetapi dalam perkembangannya komputasi digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu pengetahuan.
Sedangkan komputasi modern merupakan sebuah perkembangan sistem yang menyelesaikan masalah matematika atau nilai numerik menggunakan komputer dengan cara menyusun algoritma yang dapat dimengerti oleh komputer dan berguna untuk menyelesaikan masalah matematika atau nilai numerik tersebut. Pada  komputasi modern terdapat terdapat juga perhitungan dan pencarian solusi dari masalah dan pengambil keputusan. Perhitungan dari komputasi modern adalah akurasi, kecepatan, problem, volume dan besar kompleksitas.
Dari sejarahnya tokoh yang sangat berpengaruh pada perkembangan komputasi modern adalah John von Neumann (1903-1957), ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Beliau telah menjadi ilmuwan besar pada abad 21. Beliau memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya. Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu.

·         Dampak Komputasi Modern

Kehadiran teknologi komputasi yang semakin canggih telah merubah gaya hidup manusia dan tuntutan pada kompetensi manusia. Kini kehidupan manusia semakin tergantung pada komputer. Berikut ini hal-hal yang menggambarkan konsep kepintaran komputasi yang didukung dengan aplikasi teknologi :
1. Produk yang digerakkan sistem komputer
a. Smart car (mobil pintar)
b. Smart card (kartu pintar)
c. Smart house (rumah pintar)
d. Smart phone
2. Perancangan produk dikelola oleh computer
3. Proses kerja yang digerakkan oleh computer
4. Komputer menjadi sarana komunikasi yang efektif
5. Komputer sebagai pusat informasi
Lahirnya komputer dapat membantu pekerjaan manusia, dalam berbagai bidang. Misalnya pada bidang kedokteran, pertanian, astronomi, teknologi, ekonomi dan lainnya. Bahkan komputer sekarang telah ada dalam hampir semua bidang di dunia ini. Contoh alat yang dapat membantu manusia dalam konsep komputasi modern adalah Mobile computing.
Mobile Computing merupakan kemajuan teknologi komputer yang dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat. Contoh dari mobile computing adalah GPS, smart phone, dan sebagainya.
Sumber

0 komentar:

Posting Komentar