Cloud Computing dan Virtualisasi

Rabu, 13 April 2016

Cloud Computing (Komputasi awan)
Cloud computing mungkin untuk kita-kita orang awam mungkin memiliki arti cloud (awan) dan computing (komputsi). Untuk cloud ini adalah metamofora dari internet, jadi awan digambarkan sebagai suatu abstraksi dari infrastruktur komleks yang disembunyikan. Ilustrasi awan dan komputasi dapat dilihat pada diagram jaringan berikut.

Fitur dalam cloud computing terdapat namanya virtualisasi. jadi cloud computing lebih dari virtualisasi. virtualisasi sendiri itu adalah sebuah teknologi, yang memungkinkan kita untuk membuat versi virtual dari sesuatu yang bersifat fisik, seperti sistem operasi. Terdapat juga jenis virtualisasi :

1.       Perangkat Keras
Virtualisasi dalam perangkat keras dibedakan dengan emulasi perangkat keras. Pada pengkat-keras sebuah perangkat keras meniru kerja perangkat-keras lain. Sedangkan pada virtualisasi perangkat keras sebuah software meniru kerja perangkat keras tertentu atau bahkan keseluruhhan komputer.


2.       Dekstop
Virtualisasi Dekstop atau Virtual Dekstop Infrastructure(VDI) ini merupakan suatu yang sedang berkembang. Jadi VDI ini dapat di implementasikan di dalam perusahaan-perusahaan atau pun dirumah untuk dijadikan model klien server. Dimana dekstop adalah komputer lerka uamg juga bisa digunakan sebagai komputer seperti biasa. Namun fisik komputer tidak ada, jadi hanya virtualnya.

Sumber :


0 komentar:

Posting Komentar